Dasar2 Kuesioner


Kuesioner dalampengertian sederhana adalah daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada responden dalam rangka mendapatkan data atau variabel. Kuesioner untukpenelitian biasanya dicetak ke dalam bentuk kertas dan digandakan sebanyak responden. Pada setiap pertanyaan disediakan form untuk mengisikan jawaban, atau memberi tanda pada opsi jawaban yang benar.

Kuesioner dalam komputerisasi data memiliki pengertian yang mirip dengan pengertian di atas. Hanya saja di komputer kuesioner tidak digandakan sebanyak responden. Setrelah satu set kuesioner terisi, atau terisikan datanya ke dalam komputer, kemudian datanya disimpan, maka kuesioner akan kosong kembali dan sia[ menampung pertanyaan yang sama dari responden berikutnya.


Kalau pada kuesioner fisik yang akan dibawa ke lapangan disediakan tempat mengisikan data setiap pertanyaan, maka pada komputerisasi dibuat kode pemasukan data yang disebut dengan entry field.
Entry field disesuaikan dengan jenis data yang akan dimasukkan : TIGA type data yang sangat umut digunakannadalah : Karakter , Number dan Date.
  1. Karakter ditandai dengan untuk konversi ke huruf besar adalah huruf A diapit oleh kurung siku lihat contoh kuesioner ANC. dan ____ untuk karakter apa adanya.
  2. Number, atau angka dengan kode tanda # yang disesuaikan dengan panjang data. Desimal dengan titik.
  3. Date, Tanggal dengan formula tanggal/bulan tahu
 Setiap pertanyaan disebut juga, atau identik dengan variabel, yang harus diwakili dengan dengan satu nama yang disebut dengan field. Nama field memiliki syarat2 : maksimal 8 karakter, tidak boleh ada tanda baca, operasi matematis dan tanpa spasi. Nama field harus berada pada barsi yang sama dengan entry field
Contoh :
{Na}ma {Res}ponden : pada entry field A diapit kurung siku.
Dari contoh di atas, nama field bisa saja merupakan gabungan dari 2 suku kata (Na untuk nama dan Res untuk responden


tobe continue....

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week